Rabu, 13 November 2019

MANAJEMEN KELAS


RUANG LINGKUP FISIK MANAJEMEN KELAS



Makalah disusun untuk memenuhi tugas matakuliah Manajemen Kelas yang dibina oleh Bapak Ahmad Nurabadi S.Pd, M.Pd




Oleh Kelompok 6:


1.    Dehfi Yuhwaningsih
170131601087
2.    Kholifatul Khoiria
170131601069
3.    Rosa Melani
170131601082











UNIVERSITAS NEGERI MALANG FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
PROGRAM STUDI ADMINISTRASI PENDIDIKAN
Agustus, 2018




 KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT, yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah ini.
Sholawat beserta salam selalu tercurahkan kepada Nabi Muhammad SAW karena penulis sebagai umatnya hingga akhir zaman.
Dalam penyelesaian makalah ini penulis banyak mengalami kesulitan. Namun, berkat bimbingan dari berbagai pihak akhirnya makalah ini dapat terselesaikan walaupun masih terdapat kekurangan didalamnya. Karena itu, sepantasnya jika penulis mengucapkan terima kasih kepada dosen mata kuliah perencanaan pendidikan, Bapak Ahmad Nurabadi S.Pd, M.Pd yang telah membimbing selama pembuatan makalah ini. Penulis menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna, hal ini karena kemampuan dan pengalaman yang masih ada dalam keterbatasan. Untuk itu, penulis mengharapkan saran dan kritik yang sifatnya konstruktif, demi perbaikan dalam makalah ini yang akan datang.
Semoga makalah ini bermanfaat menambah pengetahuan terutama bagi pembaca umumnya dan bagi penulis khususnya.











Malang, 27 Agustus 2018






Penulis





i


         DAFTAR ISI
         
          KATA PENGANTAR                                                                                  
         DAFTAR ISI                                                                                                ii  
         DAFTAR GAMBAR                                                                                   iii 
          BAB I PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang Masalah                                                             1

1.2  Rumusan Masalah                                                                      2
1.3  Tujuan Penulisan                                                                        2
BAB II PEMBAHASAN
2.1     Pengertian Ruang Lingkup Fisik Manajemen Kelas                  3
2.2     Pengaturan Tempat Duduk Peserta Didik                                  4
2.3     Pengaturan Peletakan Alat-alat Pelajaran                                  10
2.4     Penataan Keindahan dan Pemeliharaan 
       Kebersihan Ruang Kelas                                                          10
                         2.5   Pengaturan Ventilasi dan Cahaya Ruang Kelas                        11
                         2.6     Pengaturan Akuistik dan Warna dalam Ruang Kelas               11
BAB III PENUTUP
                        3.1     Kesimpulan                                                                                13
                        3.2     Saran                                                                                          13
DAFTAR RUJUKAN                                                                                   14























ii





DAFTAR GAMBAR


Gambar 2.1 : Tatanan Ruang Kelas TK dengan Menerapkan Prinsip Loisell     
Gambar 2.2 : Tempat Duduk Model Huruf  U                                                     6 Gambar 2.3 : Tempat Duduk Model Corak Tim                                                   6 Gambar 2.4 : Tempat Duduk Model Konferensi                                                   7 Gambar 2.5 : Tempat Duduk Model Lingkaran                                                    7 Gambar 2.6 : Tempat Duduk Model Susunan Chevron                                        8 Gambar 2.7 : Tempat Duduk Model Auditorium                                                  8 Gambar 2.8 : Tempat Duduk Model Tradisional                                                  9






































iii


BAB I 
PENDAHULUAN



1.1     Latar Belakang Masalah
Ada berbagai macam cara atau usaha yang dapat dilakukan agar suatu pembelajaran dapat menjadi lebih berkualitas, salah satunya yaitu dengan peningkatan kemampuan atau kompetensi sumber daya pendidik (guru). Dalam hal ini, Djabidi (2016:35) menyatakan bahwa “Pada dasarnya, kegiatan guru di dalam kelas meliputi dua hal pokok yaitu mengajar dan mengelola kelas.” Pembelajaran yang berkualitas tidak hanya ditentukan oleh pembaharuan kurikulum ataupun fasilitas sekolah. Pembelajaran yang berkualitas dapat diperoleh dengan cara menerapkan strategi yang tepat dalam pengelolaan kelas. Pengelolaan kelas merupakan salah satu hal yang menjadi pertimbangan dalam mewujudkan tujuan pembelajaran yang nyaman dan kondusif bagi perseta didik. Disamping itu, dapat memungkinkan suatu pembelajaran menjadi efektif dan mudah diterima oleh peserta didik.
Hal-hal yang mempengaruhi manajemen atau pengelolaan kelas ditinjau dari ruang lingkupnya ada dua macam yaitu ruang lingkup fisik dan non fisik. Ruang lingkup fisik meliputi: pengaturan ruang dan fasilitas dalam kelas mencakup pengaturan tempat duduk, pengaturan alat-alat pelajaran, penataan keindahan dan kebersihan ruang kelas, ventilasi dan pengaturan cahaya, serta akuistik dan warna. Sedangkan ruang lingkup non fisik meliputi, pengaturan siswa yang mencakup interaksi siswa dengan lingkungannya didalam kelas, baik interaksi antar siswa maupun siswa dengan guru.
Dapat dikatakan bahwa Ruang lingkup memiliki peran penting dalam tercapainya proses pembelajran yang nyaman bagi guru maupun peserta didik. Dalam makalah ini akan dibahas ruang lingkup fisik manajemen kelas yang baik dan tepat guna mendukung tercapainya tujuan manajemen kelas.












1

2



1.2     Rumusan Masalah
        Rumusan masalah pada makalah ini adalah sebagai berikut:

                                  1.         Apa yang dimaksud dengan ruang lingkup fisik manajemen kelas?
                                 2.         Bagaimana pengaturan tempat duduk peserta didik di dalam kelas?
                                 3.         Bagimana peletakan alat-alat pelajaran dalam pengelolaan kelas?
                                 4.         Bagiamana penataan keindahan dan pemeliharaan kebersihan ruang kelas?
                                 5.         Bagaimana pengaturan ventilasi dan cahaya di dalam kelas?
                                 6.         Bagaimana pengaturan akuistik dan warna dalam pengelolaan ruang kelas?

1.3     Tujuan Penulisan
Tujuan dari penulisan makalah ini adalah sebagai berikut:
                    1.         Untuk mengetahui ruang lingkup fisik pada manajemen kelas.
                    2.         Untuk mengetahui posisi tempat duduk peserta didik di dalam kelas.
3.         Untuk mengetahui cara peletakan posisi alat-alat pelajaran dalam pengelolaan kelas. 
                    4.         Untuk mengetahui cara penataan keindahan dan pemeliharaan kebersihan ruang                    kelas.
                    5.         Untuk mengetahui cara pengaturan ventilasi dan cahaya di dalam kelas.
6.         Untuk mengetahui cara pengaturan akuistik dan warna dalam pengelolaan ruang kelas.

























2

BAB II 
PEMBAHASAN


2.1     Pengertian Ruang Lingkup Fisik Manajemen Kelas
Ruang lingkup fisik merupakan salah satu aspek penting yang perlu diperhatikan dalam manajemen pengelolaan kelas. Menurut UNISA (2006:34) “Mengelola lingkungan fisik merupakan cara pendidik mengatur kelas dalam mengkomunikasikan pesan atau harapannya tentang bagaimana ruangan harus digunakan.” Oleh karena itu, dalam mengatur atau menggunakan ruang fisik diperlukan perencanaan yang matang dan menggunakan strategi penataan yang tepat. Karena jika tidak demikian dapat membuat perbedaan yang cukup besar dalam perilaku kelas.
Pada umumnya kegiatan belajar mengajar yang dilakukan oleh guru dan sekelompok peserta didik di dalam ruangan yang disebut ruang kelas. Kelas sebagai salah satu prasarana sekolah yang memiliki berbagai sarana seperti, meja, kursi, LCD proyektor, papan tulis, serta sarana lainnya.
Kesemua yang ada di kelas memiliki pengaruh terhadap kondisi kelas dan juga motivasi belajar peserta didik. Jika tata ruang kelas semrawut, maka dapat mempengaruhi suasana hati peserta didik serta dapat membuat peserta didik kurang berkonsentrasi dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Dan sebaliknya, jika kelas dapat ditata dengan baik oleh guru sebagai seorang manajer kelas, kelas dapat menjadi sebuah tempat yang nyaman dan menyenangkan sehingga dapat membangkitkan motivasi peserta didik untuk mengikuti pembelajaran. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa pengaturan kelas yang baik harus dilakukan oleh guru jika ia menginginkan kelas yang kondusif untuk belajar. Namun masalahnya disadari ataupun tidak, tidak semua guru mau dan mampu mengatur ataupun menata ruang kelasnya.
Agar mau melakukan pengaturan ruang kelas tersebut, harus ditanamkan pada diri guru akan arti penting pengaturan ruang kelas dalam kegiatan belajar mengajar. Supaya guru bisa menjadi seorang manajer yang mampu mengatur ruang kelasnya menjadi kelas yang kondusif, maka ia harus memiliki kemampuan dalam hal pengaturan tempat dudk peserta didik,


3




pengaturan media pendidikan, pengaturan tanaman, dan pengaturan tumbuhan-tumbuhan serta memberikan aroma terapi.

2.2     Pengaturan Tempat Duduk
Tempat duduk merupakan fasilitas yang diperlukan peserta didik untuk menunjang kegiatan pembelajaran di dalam kelas. Pengaturan tempat duduk dapat mempengaruhi kemampuan peserta didik dalam menerima materi pembelajaran. Pengaturan lingkungan kelas yang tepat dapat mempengaruhi partisipasi siswa dalam proses pembelajaran. Pembelajaran yang efektif dapat dimulai dari penataan lingkungan kelas, penciptaan iklim kelas yang menarik selama proses kegitan pembelajaran, serta pengaturan dan penataan ruang kelas beserta isinya.
Loisell mengungkapkan bahwa ada beberapa prinsip yang perlu diperhatikan guru dalam penataan lingkungan fisik kelas, yaitu:
1.       Visibility (keleluasaan pandangan), artinya penataan dan penempatan barang- barang didalam kelas tidak menghalangi pandangan peserta didik, sehingga peserta didik dapat leluasa memandang guru, benda, maupun kegiatan yang tengah berlangsung dalam kegiatan pembelajaran. Selain itu, guru harus dapat memandang semua peserta didik selama proses pembelajaran.
2.       Accessibility (mudah dicapai), dalam penataan ruang kelas penempatan barang- barang yang dibutuhkan peserta didik harus mudah dijangkau selama proses pembelajaran. Selain itu, pengaturan jarak tempat duduk antar siswa harus diatur secara tepat agar memudahkan siswa untuk bergerak dan tidak mengganggu peserta didik lain yang sedang belajar.
3.       Flexibility (keluwesan), barang-barang yang ada didalam kelas hendaknya mudah dipindahkan dan ditata sesuai dengan kegiatan pembelajaran di kelas. Seperti penataan tempat duduk yang perlu dirubah jika pembelajaran dilakukan menggunakan metode diskusi dan kerja kelompok.
4.       Kenyamanan, dalam hal ini kenyamanan yang dimaksud adalah pengaturan suhu/temperatur ruangan, cahaya, suara, dan kepadatan kelas.
5.       Keindahan, pada prinsip ini berkenaan dengan usaha guru untuk mengatur kelas yang kondusif dan menyenangkan selama proses kegiatan pembelajaran (Winataputra, 2003).








                               
                                         Gambar 2.1 Tatanan Ruang Kelas TK dengan Menerapkan Prinsip Loisell Sumber :                                                                         Internet Karya Individual “Dekorasi Kelas Primary Charis Global School”

Pengaturan tempat duduk hendaknya yang memungkinkan terjadinya tatap muka antara guru dengan peserta didik, sehingga guru dapat membantu dan mengontrol tingkah laku peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Silberman (2001) mengungkapkan bahwa ada beberapa model pengaturan tempat duduk dalam proses pembelajaran, yaitu:

                1.       Model Huruf U

Formasi bentuk huruf U ini sangat menarik dan dapat mengaktifkan peserta didik, sehingga membuat mereka turut antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Dalam hal ini, guru merupakan yang paling aktif bergerak ke segala arah dan berinteraksi secara langsung, sehingga peserta didik dapat mendapatkan respons secara langsung dari pendidik. Kelebihan dari menggunakan model tempat duduk huruf U adalah guru dapat menjangkau seluruh peserta didik sehingga pembelajaran dapat dilakukan secara maksimal. Sedangkan, kekurangan dari model ini adalah tidak bisa digunakan untuk kelas yang memiliki jumlah peserta didik banyak, jadi model ini hanya bisa digunakan untuk kelas yang mempunyai peserta didik dengan jumlah sedikit..





Gambar 2.2 Tempat Duduk Model Huruf U Sumber: Buku Manajemen Kelas

              2.       Corak Tim


Pada model ini, meja-meja dikelompokkan setengah lingkaran di tengah ruang kelas agar memudahkan guru untuk berinteraksi dengan setiap tim. Guru dapat meletakkan kursi-kursi mengelilingi meja-meja guna menciptakan suasan belajar yang akrab. Peserta didi juga bisa memutar lursi melingkar menghadap kedepan ruang kelas untuk melihat papan tulis atau guru. Kelebihan model corak tim adalah memudahkan guru untuk berinteraksi dengan setiap tim. Sedangkan kekurangannya adalah kondisi kelas biasanya ramai dan materi tidak bisa tersampaikan secara maksimal.

Gambar 2.3 Tempat Duduk Model Corak Tim Sumber: Buku Manajemen Kelas

3.       Meja Konferensi


Model konferensi sangat bagus digunakan dalam metode debat saat membahas suatu permasalahan yang dilontarkan pendidik, kemudian  membiarkan oeserta didik secara bebas mengemukakan pendapatnya. Kelebihan dari model meja konferensi adalah menjadikan permasalahan yang sulit menjadi mudah karena didiskusikan secara bersama. Sedangkan kekurangannya adlah dapat mengurangi peran penting dari pendidik.

                                          


                          Gambar 2.4 Tempat Duduk Model Konferensi Sumber: Buku Manajemen Kelas


4.       Lingkaran


Model tempat duduk ini disusun dalam bentuk melingkar, sehingga peserta didik dapat berinterkasi langsung secara berhadap-hadapan. Model ini cocok untuk model belajar diskusi kelompok penuh. Kelebihan model tempat duduk ini adalah dapat menyelesaikan permasalahan kelompok secara bersama dengan jumlah peserta didik yang banyak, dapat menjadikan permasalahan yang sebelumnya sulit atau berat menjadi lebih mudah. Sedangkan kelemahan dari model ini adalah pelaksanaan pembelajaran yang kurang efektif dalam penerimaan dan pemberian tugas, karena pada umumnya peserta didik lebih suka bermain.

Gambar 2.5 Tempat Duduk Model Lingkaran Sumber: Buku Manajemen Kelas

5.       Susunan Chevron


Model ini memberikan sudut pandang baru bagi peserta didik, sehingga mereka mampu menjalani proses pembelajaran dengan antusias, menyenangkan, dan terfokus. Kelebihan model ini adalah mengurangi jarak diantara peserta didik maupun antar peserta didik dan guru, sehingga peserta didik dan guru mempunyai pandnagan yang lebih baik terhadap lingkungan kelas dan mampu aktif dalam pembelajaran.

Gambar 2.6 Tempat Duduk Model Susunan Chevron Sumber: Buku Manajemen Kelas

6.       Auditorium


Formasi auditorium merupakan alternatif dalam menyusun ruang kelas untuk mengurangi kebosanan peserta didik dengan penataan ruang kelas secara konvensional. Kekurangan dari model auditorium adalah lingkungan yang terbatas untuk belajar aktif.

Gambar 2.7 Tempat Duduk Model Auditorium Sumber: Buku Manajemen Kelas

7.       Tradisional


Formasi ini biasanya dapat ditemui dalam kelas-kelas tradisional yang memungkinkan peserta didik untuk duduk secara berpasangan dalam satu meja dan dua kursi. Model ini memiliki keterbatasan pandangan teman terutama yang duduk dibelakang. Pada model ini mobilitas peserta didik juga tidka leluasa.
Kelebihan model tempat duduk ini adalah peserta didik dapat dijangkau oleh pandangan guru dan kelas menjadi kelihatan lebih rapi. Sedangkan kekurangannya adalah guru kurang memperhatikan peserta didik yang ada dibelakang. Peserta didik yang duduk dibelakang juga kurang bisa menerima pelajaran secara maksimal.

Gambar 2.8 Tempat Duduk Model Tradisional Sumber: Buku Manajemen Kelas
Pengaturan posisi tempat duduk di kelas sangat berpengaruh bagi peserta didik seperti interaksi antar peserta didik dan interaksi dengan guru. Pengaturan posisi tempat duduk juga memberikan dampak pada proses kegiatan pembelajaran. Penataan posisi tempat duduk yang baik adalah penataannya  dibuat luwes atau fleksibel, sehingga dapat diubah-ubah sesuai dengan kebutuhan dan kegiatan yang dilakukan dalam proses pembelajaran.
Menurut Gunawan (2016:72) mengungkapkan bahwa model-model posisi tempat duduk pada peserta didik dapat memberikan hal-hal yang positif, diantaranya yaitu:
1.       Mengurangi kebosanan, dengan model tempat duduk yang berbeda-beda dapat membuat peserta didik lebih antusias dan suasana kelas akan menjadi lebih hidup. Serta dapat membangkitkan kerjasama antar peserta didik, sehingga interaksi kelas dapat dimaksimalkan.
2.       Menumbuhkan rasa keakraban antar peserta didik. Nilai keakraban dapat menumbuhkan semangat kerjasama tidak hanya antara guru dan peserta didik, tetapi juga antar peserta didik itu sendiri.
3.       Memudahkan guru untuk mengenali kelebihan dan kelemahan setiap peserta didik.
4.       Dinamika dan kehidupan kelas lebih mudah terbentuk. Kelas yang kooperatif dan terbuka lebih mudah membangkitkan penalaran.




5.       Peserta didik lebih mudah untuk memahami materi yang telah disampaikan, sehingga dapat meningkatkan prestasi individual siswa dan prestasi kelas meningkat.
6.       Penggunaan ragam model tempat duduk peserta didik dapat mendorong peserta didik untuk saling mengenal dan mengetahui sifat-sifat antar peserta didik dengan hal itu sosialisasi akan berjalan secara alami. Selain itu, sikap saling menghargai antar individu akan mudah terbentuk.
7.       Cara pendang peserta didik menjadi lebih luas dan bersifat ganda atau menyebar. Komunikasi antar peserta didik juga memiliki peluang yang lebih banyak. Selain itu, pengelolaan kelas oleh guru lebih hidup serta tidak tampak formal dan kaku.

2.3     Pengaturan Alat-alat Pelajaran

Menurut Djamarah (2005:176-177) mengungkapkan bahwa alat-alat pelajaran yang perlu diatur antara lain: (1) perpustakaan kelas, sekolah yang maju mempunyai perpustakaan disetiap kelas yang mana dalam pengaturannya diatur bersama-sama dengan peserta didik; (2) alat peraga atau media pembelajaran, alat peraga atau media pengajaran semestinya diletakkan di kelas agar memudahkan dalam penggunaannya, dalam pengaturannya juga dilakukan bersama-sama dengan peserta didik. Misalnya penempatan kapur tulis, penghapus, jam dinding, dan lain-lain; (3) papan tulis, hendaknya pengaturan papan tulis ukurannya disesuaikan, warna papan tulis harus kontras, dan penenpatannya juga memperhatikan estetika serta dapat dijangkau oleh peserta didik; (4) papan presensi anak didik, ditempatkan di bagian depan sehingga dapat dilihat oleh semua peserta didik dan dapat difungsikan sebagaimana semestinya.
  
                       2.4     Penataan Keindahan dan Pemeliharaan Kebersihan Ruang Kelas
Penataan keindahan ruang kelas, tidak lepas dari pernak-pernik seperti: gambar, hiasan, lemari, alat-alat pelajaran, dan alat-alat kebersihan. Semua komponen tersebut di tata sedemikian rupa dan rapi agar tercipta kondisi atau suasana kelas yang indah dan nyaman. Sehingga dapat mendukung kegiatan pembelajaran di dalam kelas berjalan dengan lancar. Dalam pengelolaan kelas, dapat dikatakan sebagai kelas yang ideal yaitu kelas yang terdapat gambar-gambar yang bersifat mendidik, seperti gambar pahlawan, tempat ibadat, bunga, pemandangan dan sebagainya. Lemari tempat menyimpan hasil pekerjaan siswa, perlengkapan belajar mengajar, harus ditempatkan/disimpan secara tertib dan benar. Dengan begitu, peralatan tersebut terlihat rapi, mudah dijangkau bila diperlukan dan tidak mengganggu ruang gerak siswa pada saat siswa melakukan kegiatan belajar (Sagala, 2013:86).
Sedangkan pemeliharaan kebersihan kelas berarti menjadikan ruang kelas yang bersih dan segar serta nyaman dengan cara guru membagikan sebuah tugas kepada siswa-siswinya secara bergiliran membersihkan kelas dan guru selalu mengawasi kebersihan serta ketertiban kelas. Dengan begitu dapat mempermudah peserta didik menerima pelajaran serta dapat meningkatkan semangat dan gairah belajar peserta didik (Djamarah, 2005:177-178).

                        2.5     Pengaturan Ventilasi dan Cahaya Ruang Kelas
Ventilasi dan pengaturan cahaya sangat berkaitan satu sama lain. Dalam hal ini pengaturan ventilasi dan cahaya dapat berupa pengaturan bentuk ataupun posisi jendela kelas. Dengan jendela kelas yang cukup besar dan pada posisi yang tepat memungkinkan udara dan cahaya matahari dapat masuk kedalam ruangan, sehingga dapat menjamin kesehatan bagi para peserta didik. Rukmana dan Suryana (2012:105) menyatakan bahwa “dengan ventilasi yang baik dan udara yang sehat, semua siswa dan guru yang berada didalam kelas, dapat menghirup udara yang segar.” Disamping itu, juga perlu adanya kerjasama antara guru dan siswa dalam memelihara atau merawat peralatan yang ada di dalam kelas. Hal ini dimaksudkan agar guru dan siswa dapat memanfaatkan fasilitas yang ada dengan baik dan benar seperti halnya mengatur suhu udara di dalam ruangan dengan memanfaatkan kipas angin atau ventilasi udara yang ada, mengatur penerangan di dalam kelas dengan memanfaatkan lampu dikala butuh penerangan lebih atau menutup jendela dengan kelambu disaat kelas terasa silau akibat sinar matahari. Serta pada saat di dalam kelas sebaiknya guru ataupun siswa tidak melakukan aktivitas merokok. Jika semua hal diatas dapat dilakukan, maka dapat menciptakan suasana belajar mengajar yang nyaman.

                       2.6     Pengaturan Akuistik dan Warna dalam Ruang Kelas
Menurut kamus besar bahasa Indonesia akuistik berarti tentang bunyi-bunyian beserta yang berkaitan dengan bunyi tersebut, maka dari itu pengaturan atau penataan akuistik sangat berpengaruh dalam proses pembelajaran. Bentuk dan volume ruang, kapasitas dan jumlah orang, serta lapisan akuistik pada permukaan berperan pada karakteristik akuistik ruang tertentu (Leslie,dkk, 1993:91). Selain itu, perbedaan aktifitas dalam setiap ruang juga mempengaruhi karakteristik dan kualitas bunyi yang disajikan dalam ruang. Akuistik Arsitektur (Architectural Acoustic), berkaitan dengan penataan tempat pemilihan lokasi tempat pembelajaran, jadi pemilihan lokasi tempat pembelajaran tersebut berlokasi yang mendukung pembelajaran seperti suasana yang kondusif, jauh dari pabrik atau tepat keramaian lainnya. Maka dari itu pengaturan akuistik ruang kelas yang baik sangat diperlukan agar peserta didik dapat mendengar dengan jelas didalamnya.
Sedangkan untuk pemilihan warna di dalam ruang kelas adalah yang dapat menciptakan rasa nyaman dan menyenangkan. Karena, warna memiliki peran penting dalam membentuk kesan pada ruangan, terutama ruang kelas. Untuk kesan yang dapat memberi rasa semangat dan senang di ruang kelas sebaiknya memilih warna yang dapat memunculkan suasana tersebut.
Menurut Fasilitas Umum (2013) mengungkapkan beberapa pilihan warna yang untuk ruang kelas, yaitu:
1.  Kuning, bagus untuk merangsang optimisme, kecerdasan, kreativitas, harapan, dan keseimbangan.
2.  Oranye, untuk lebih atraktif dan berkonsentrasi. Pas untukmemunculkan suasana belajar yang penuh semangat dan meningkatkan kreativitas peserta didik saat belajar di ruang kelas.
3.  Biru, warna biru dapat memberikan efek menenangkan dan perasaan nyaman. Bisa menenangkan orang-orang yang sedang tegang, panik, dan stress. Tetapi hati-hati dalam penggunaan warna biru karena warna ini bisa menurunkan selera makan dari anak-anak dan menurunkan suhu tubuh yang berakibat menjadikan anak-anak lamban dan kurang atraktif. Di sisi lain, warna biru cocok sebagai warna untuk ruang kelas yang memberi rasa tenang.
4.  Hijau, wrna ini bisa mengurangi alergi makanan, karena dapat merangsang antigen untuk memperbaiki sistem kekebalan tubuh. Serta warna hijau adalah warna yang memberikan kesan tenang.
5.  Cokelat, warna ini mampu menumbuhkan perasaan aman, rileks, dan mengurangi keletihan. Tidak terlalu buruk jika diterapkan pada ruag kelas.

BAB III PENUTUP



3.1     Kesimpulan
Berdasarkan penjelasan-penjelasan yang telah dipaparkan diatas dapat disimpulkan bahwa ruang lingkup fisik dari manajemen kelas yang meliputi, pengaturan tempat duduk, peletakan alat-alat pelajaran, penataan keindahan dan pemeliharaan kebersihan, pengaturan ventilasi dan cahaya, serta pengaturan akustik dan warna yang mempengaruhi proses belajar mengajar yang dilaksanakan. Serta pengaturan tempat duduk dipengaruhi oleh keadaan siswa dan model pembelajaran.

3.2     Saran
Manajemen kelas secara lingkup fisik hendaknya diperhatikan dengan benar oleh setiap pihak yang berkaitan, agar kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan dapat berjalan dengan baik dan tujuan pembelajaran mudah dicapai. Semoga dengan pengelolaan yang baik akan mampu menciptakan semangat belajar dari setiap peserta didik yang menggunakannya.



























13


DAFTAR RUJUKAN


Djamarah, S. B. 2005. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif Suatu Pendekatan Teoritis Psikologi. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Djabidi, F. 2016. Manajemen Pengelolaan Kelas: Upaya Peningkatan Strategi dan Kualitas dalam Pembelajaran. Malang: Madani.
Edupaint.       2013.       Pilihan       Warna       untuk       Ruang       Kelas.       (online) (http://edupaint.com/diskusi/fas-pendidikan-dasar/3697-pilihan-warna-untuk-ruang- kelas/), diakses 1 September 2018.
Gunawan, I. 2016. Manajemen Kelas. Malang: Universitas Negeri Malang. Leslie, dkk. 1993. Akuistik Lingkungan. Jakarta: Erlangga.
Rukmana, A., dan Suryana, A. 2012. Manajemen Kelas. Dalam Riduwan (Eds.),
Manajemen Pendidikan (hlm. 103-124). Bandung: Alfabeta.
Sagala, S. 2013. Administrasi Pendidikan Kontemporer. Bandung: Alfabeta.
Silberman, M. 2001. Active Learning: 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Terjemahan oleh Sarjuli. Yogyakarta: Yappendis.
UNISA. 2006. The Educator as Leader, Manager and Administrator. Tutorial Letter 501/2006 for EDLHOD-M. Pretoria: Unisa.
Winataputra, U. S. 2003. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Wulandari, M. 2014. Dekorasi Kelas Primary Charis Global School, (Online), (http://www.meiwulandari.com/2014/08/dekorasi-kelas-primary-charis-global.html), diakses 1 September 2018.






















14

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Visitor Counter

Popular Posts

Buku Tamu


Ingin Widget ini ?
Klik di sini

Comment

About

3/random/post-list
Copyright © Lentera Pendidikan | Powered by Blogger
Design by Viva Themes | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com