TINGKAT KESUKARAN, DAYA PEMBEDA DAN PATOKAN NILAI
MAKALAH
Disusun untuk memenuhi tugas matakuliah
Evaluasi Program Pendidikan yang dibina oleh Ibu Dr. Sunarni, S.Pd., M.Pd.
Oleh:
1. Desi Retno Nugraheni
|
(170131601015)
|
2. Dewi Rahayu
|
(170131601017)
|
3.
Fataku Rofik
|
(170131601106)
|
4. Kholifatul
Khoiria
|
(170131601069)
|
5. Yolanda Dwiprastica
Sundawa
|
(150131603957)
|
UNIVERSITAS NEGERI MALANG FAKULTAS ILMU
PENDIDIKAN
PROGRAM STUDI
ADMINISTRASI PENDIDIKAN
Agustus, 2019
Puji syukur kehadirat Allah SWT karena anugerah-Nya kami
dapat menyelesaikan makalah tentang“Tingkat Kesukaran, Daya Pembeda Dan Patokan
Nilai” guna memenuhi tugas mata kuliahEvaluasi Program Pendidikan di
Universitas Negeri Malang.
Dengan adanya pembuatan makalah ini diharapkan dapat
membawa manfaat bagi para pembaca sebagai bahan referensi makalah kedepannya
juga dapat meningkatkan pengetahuan tentang bahasan yang kami rangkum dari
makalah ini.Berbagai kendala kami alami untuk menyusun makalah ini dapat
teratasi dengan adanya bantuan, bimbingan, dari semua pihak terutama dosen
evaluasi program pendidikan yang selalu membimbing dalam penyusunan makalah
ini.
Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga makalah ini bisa
bermanfaat dan jangan lupa ajukan kritik dan saran terhadap makalah ini agar
kedepannya bisa diperbaiki. Karena kami menyadari makalah ini masih jauh dari
sempurna.
Malang, 25 Agustus 2019
Penyusun
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR i
DAFTAR ISI ii
DAFTAR TABEL iii
DAFTAR ISI ii
DAFTAR TABEL iii
BAB
I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Masalah 1
B. Rumusan Masalah 3
C. Tujuan Penulisan 3
A. Tingkat Kesukaran 4
B. Daya Pembeda 10
C. Penilaian Acuan Patokan dan Penilaian Acuan Norma 15
BAB III PENUTUP
DAFTAR RUJUKAN 19
|
DAFTAR TABEL
|
|
2.1
Jawaban 10 Peserta Tes Terhadap 10 Soal Pilihan
Ganda 5
2.2
Kunci Jawaban 10 Soal Pilihan Ganda 5
2.3
Penskoran 10 Soal
Pilihan Ganda 6
2.4
Tingkat Kesukaran Soal Pilihan Ganda 6
2.5
Perhitungan Tingkat Kesukaran Soal Uraian 8
2.6
Pola Proses Peserta Tes Menurut Guttman (Pola Guttman)
9
2.7
Kriteria Kesukaran
10
2.8
Kriteria Daya Pembeda Butir Soal 14
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Pendidikan merupakan kegiatan yang dapat dipandang sebagai
pencetak sumber daya manusia yang berkualitas untuk mendukung tercapainya
tujuan pembangunan nasional. Pentingnya pendidikan juga dapat dilihat dari isi
Pembukaan UUD 1945 alinea IV yang menegaskan bahwa salah satu tujuan nasional
bangsa Indonesia adalah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Kegiatan
pembelajaran merupakan serangkaian proses yang memiliki tiga komponen, yang
pertama rencana pembelajaran, kedua kegiatan belajar mengajar, dan terakhir evaluasi
pembelajaran. Sebagai salah satu komponen proses dalam pembelajaran, evaluasi
pembelajaran memiliki peranan yang penting. Proses berupa pengukuran hasil
pembelajaran wajib dilakukan untuk mengetahui dan menentukan keberhasilan
pembelajaran.
Berdasarkan Undang-undang Guru dan Dosen No. 14 tahun 2005
dan Peraturan Pemerintah No.19 tahun 2005 dinyatakan bahwa kompetensi guru
meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan
kompetensi professional. Kompetensi pedagogik merupakan kemampuan seorang guru
dalam mengelola proses pembelajaran yang berhubungan dengan peserta didik,
meliputi pemahaman wawasan atau landasan kependidikan, pemahaman terhadap
peserta didik, pengembangan kurikulum atau silabus, perencanaan pembelajaran, pelaksanaan
pembelajaran, pemanfaatan teknologi pembelajaran, evaluasi hasil pembelajaran,
dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang
dimilikinya. Dalam kompetensi pedagogik, salah satu kemampuan dasar yang harus
dikuasai setiap guru adalah evaluasi hasil belajar. Evaluasi hasil belajar
dilakukan untuk mengetahui tingkat pencapaian peserta didik dalam menguasai
setiap kompetensi dasar atau indikator materi yang telah dipelajari.
|
Tes tertulis secara garis besar terdiri dari dua bentuk,
yaitu tes uraian dan tes objektif. Diperlukan adanya suatu aktivitas penilaian
terhadap soal tes, untuk mendapatkan informasi apakah soal tes tersebut telah
memenuhi persyaratan tes yang baik, yaitu dengan kegiatan analisis butir soal.
Analisis butir soal merupakan kegiatan yang diperlukan untuk menilai kualitas
butir soal yang baik, sehingga dapat digunakan kembali pada periode selanjutnya
atau jika butir soal yang kurang baik, maka dapat dilakukan revisi, sementara
untuk butir soal yang tidak baik, tidak perlu digunakan kembali. Untuk itu,
butir soal harus dianalisis guna mengetahui kualitasnya, memperbaiki kualitas
butir soal dan meningkatkan mutu butir soal.
Soal dikatakan baik apabila memenuhi karakteristik
penilaian butir soal yang meliputi: validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran,
daya pembeda, dan efektifitas pengecoh. Berdasarkan paparan di atas, kegiatan
analisis butir soal idealnya dilakukan dengan menghitung validitas,
reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan efektifitas pengecoh.
Tes
dikatakan valid apabila tes tersebut dapat dengan tepat mengukur apa yang
hendak diukur. Tes yang reliabel apabila tes tersebut memberikan hasil yang
ajeg apabila diberikan berkalikali pada subjek yang sama dan menunjukkan
ketetapan.
|
B. Rumusan Masalah
Berdasarkan
uraian latar belakang masalah yang telah disampaikan, dapat dibuat rumusan
masalah, yaitu:
1.
Bagaimana cara menganalisis tingkat kesukaran?
2.
Bagaimana cara menganalisis daya pembeda?
3.
Bagaimana acuan penilaia acuan patokan dan penilaian
patokan norma?
C. Tujuan
Berdasarkan
rumusan masalah yang telah dibuat, dapat disusun tujuan, yaitu:
1.
Untuk menjelaskan cara menganalisis dan mengukur
tingkat kesukaran.
2.
Untuk menjelaskan cara mengukur daya pembeda.
3.
Untuk menjelaskan cara penilaian
acuan patikan dan penilaian acuan norma.
4
BAB II
4
|
PEMBAHASAN
A. Tingkat Kesukaran
Melihat kesukaran dalam soal merupakan hal yang sangat
penting untuk menyediakan berbagai macam alat diagnostikkesulitan belajar pada
peserta didik ataupun untuk meningkatkan penilaian belajar dalam kelas. Tingkat
kesukaran soal dapat dilihat dari tingkat kedalaman soal, kompleksitas, atau
hal-hal lain yang berkaitan dengan kemampuan yang diukur oleh soal. Para ahli
tes menentukan tingkat kesukaran berdasarkan berapa banyak peserta tes dapat
menjawab soal yang diberikan. Apabila dari 100 peserta tes semuanya atau
sebagian besar dapat menjawab dengan benar, maka dapat dikatakan bahwa soal
tersebut mudah.
Apabila
yang menjawab soal dengan benar hanya satu orang atau tidak ada sama sekali
yang dapat menjawabnya, maka dapat dikategorikan bahwa soal tersebut memiliki
tingkatan soal yang sulit.
Menurut teori klasik Surapranata (2005:12), tingkat
kesukaran dapat dinyatakan melalui beberapa cara diantaranya yaitu: (1)
proporsi menjawab benar;
(2)
skala kesukaran linier; (3) indeks Davis; dan (4) skala bivariat. Proposi
jawaban benar (p), yaitu jumlah peserta tes yang menjawab benar dibandingkan
dengan seluruh jumlah peserta tes. Persamaan yang digunakan untuk menentukan
tingkat kesukaran dengan porposi jawaban benar yaitu:
∑ x
p =
SnN
p : proporsi menjawab benar atau tingkat kesukaran
∑ X : banyaknya peserta tes yang menjawab
benar
Sn : skor maksimum
N : jumlah peserta
tes
|
Tabel 2.1 Jawaban 10 Peserta Tes Terhadap 10 Soal Pilihan
Ganda
No.
|
Peserta
|
Nomor Soal
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
||
1.
|
Tulip
|
A
|
A
|
C
|
A
|
A
|
C
|
B
|
D
|
A
|
C
|
2.
|
Lili
|
A
|
C
|
A
|
D
|
A
|
D
|
D
|
C
|
A
|
D
|
3.
|
Teratai
|
A
|
C
|
C
|
B
|
A
|
C
|
B
|
D
|
A
|
C
|
4.
|
Waru
|
A
|
D
|
A
|
B
|
C
|
D
|
A
|
C
|
A
|
A
|
5.
|
Jati
|
A
|
B
|
C
|
D
|
A
|
B
|
C
|
D
|
B
|
A
|
6.
|
Albasia
|
A
|
B
|
C
|
D
|
B
|
B
|
C
|
D
|
B
|
A
|
7.
|
Meranti
|
A
|
B
|
C
|
D
|
C
|
B
|
C
|
D
|
C
|
C
|
8.
|
Cendana
|
A
|
B
|
C
|
D
|
D
|
B
|
C
|
D
|
D
|
D
|
9.
|
Randu
|
A
|
B
|
C
|
D
|
C
|
B
|
C
|
D
|
C
|
C
|
10.
|
Kemuning
|
A
|
B
|
C
|
D
|
D
|
B
|
C
|
A
|
D
|
D
|
Sumber:
Surapranata, S. (2005:13)
Tabel 2.2 menunjukkan kunci jawaban untuk 10 soal tersebut.
Jawaban yang benar diberikan skor 1 sedangkan jawaban yang salah diberikan skor
0.
Tabel 2.2 Kunci Jawaban 10 Soal Pilihan Ganda
Nomor
Soal
|
Kunci
|
Nomor
Soal
|
Kunci
|
1.
|
A
|
6.
|
B
|
2.
|
B
|
7.
|
C
|
3.
|
C
|
8.
|
D
|
4.
|
D
|
9.
|
A
|
5.
|
A
|
10.
|
B
|
Sumber:
Surapranata, S. (2005:14)
Metode ini hanya bisa digunakan untuk jumlah peserta tes
yang tidak terlalu besar. Metode tidak dapat digunakan pada peserta tes yang
memiliki jumlah besar.
Tabel 2.3 Penskoran 10 Soal Pilihan Ganda
No.
|
Peserta
|
Nomor Soal
|
Skor
Total
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
|||
1.
|
Tulip
|
1
|
0
|
1
|
0
|
1
|
0
|
0
|
1
|
1
|
0
|
5
|
2.
|
Lili
|
1
|
0
|
0
|
1
|
1
|
0
|
0
|
0
|
1
|
0
|
4
|
3.
|
Teratai
|
1
|
0
|
1
|
0
|
1
|
0
|
0
|
1
|
1
|
0
|
5
|
4.
|
Waru
|
1
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
1
|
0
|
2
|
5.
|
Jati
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
0
|
8
|
6.
|
Albasia
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
0
|
0
|
7
|
7.
|
Meranti
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
0
|
0
|
7
|
8.
|
Cendana
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
0
|
0
|
7
|
9.
|
Randu
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
0
|
0
|
7
|
10.
|
Kemuning
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
0
|
0
|
0
|
6
|
Sumber: Surapranata, S. (2005:15)
Tabel 2.4.menunjukkan hasil perhitungan tingkat kesukaran
untuk masing- masing soal.
Tabel 2.4 Tingkat Kesukaran Soal Pilihan Ganda
No.
|
Peserta
|
Nomor Soal
|
Skor
Total
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
|||
1.
|
Tulip
|
1
|
0
|
1
|
0
|
1
|
0
|
0
|
1
|
1
|
0
|
5
|
2.
|
Lili
|
1
|
0
|
0
|
1
|
1
|
0
|
0
|
0
|
1
|
0
|
4
|
3.
|
Teratai
|
1
|
0
|
1
|
0
|
1
|
0
|
0
|
1
|
1
|
0
|
5
|
4.
|
Waru
|
1
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
1
|
0
|
2
|
5.
|
Jati
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
0
|
8
|
6.
|
Albasia
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
0
|
0
|
7
|
7.
|
Meranti
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
0
|
0
|
7
|
8.
|
Cendana
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
0
|
0
|
7
|
9.
|
Randu
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
0
|
0
|
7
|
10.
|
Kemuning
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
0
|
0
|
0
|
6
|
Σ X
|
10
|
6
|
8
|
7
|
4
|
6
|
6
|
7
|
4
|
0
|
||
Jumlah Peserta Tes
|
10
|
10
|
10
|
10
|
10
|
10
|
10
|
10
|
10
|
10
|
||
Tingkat Kesukaran
(p)
|
1.0
0
|
0.6
00
|
0.8
00
|
0.7
00
|
0.4
00
|
0.6
00
|
0.6
00
|
0.7
00
|
0.4
00
|
0
|
Sumber: Surapranata, S. (2005:16)
Lebih lanjut Surapranata menjelaskan bahwa masing-masing
tingkat kesukaran soal dapat dihitung dengan cara, sebagai berikut:
Dari hasil perhitungan pada Tabel 2.4 nampak bahwa tingkat
kesukaran nomor 1 adalah 1.00 atau seratus persen peserta tes menjawab benar
pada soal nomor 1. Soal nomor 1 adalah soal paling mudah. Tingkat kesukaran
soal nomor 10 adalah 0.0 atau tidak ada satupun peserta tes yang menjawab benar
soaltersebut. Soal nomor 10 adalah soal yang paling sukar di antara semua soal.
|
Tabel 2.5 Perhitungan Tingkat
Kesukaran Soal Uraian
No.
|
Peserta
|
Nomor Soal
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1.
|
Tulip
|
5
|
4
|
1
|
3
|
3
|
2.
|
Lili
|
5
|
4
|
1
|
3
|
3
|
3.
|
Teratai
|
5
|
3
|
1
|
1
|
3
|
4.
|
Waru
|
4
|
3
|
2
|
1
|
3
|
5.
|
Jati
|
4
|
3
|
2
|
2
|
3
|
6.
|
Albasia
|
3
|
3
|
3
|
2
|
2
|
7.
|
Meranti
|
3
|
1
|
3
|
4
|
2
|
8.
|
Cendana
|
3
|
1
|
3
|
2
|
2
|
9.
|
Randu
|
2
|
3
|
2
|
2
|
1
|
10.
|
Kemuning
|
2
|
2
|
3
|
1
|
1
|
Σ X
|
36
|
27
|
21
|
21
|
23
|
|
Skor Maksimum
|
5
|
4
|
3
|
4
|
3
|
|
Jumlah Peserta Tes
|
10
|
10
|
10
|
10
|
10
|
|
Tingkat Kesukaran
(p)
|
0.720
|
0.675
|
0.700
|
0.525
|
0.767
|
Sumber:
Surapranata, S. (2005:18)
Tingkat kesukaran merupakan nilai rata-rata dari kelompok
peserta tes. Menurut Surapranata (2005: 19), mengungkapkan bahwa minimal
terdapat dua ciri-ciri tingkat kesukaran, yaitu: (1) tingkat kesukaran (p)
merupakan ukuran soal, tidak menunjukkan karakteristik soal. Tingkat kesukaran
dalam hal ini diidentifikasikan sebagai frekuensi relative terhadap pengambilan
tes. (2) Tingkat kesukaran merupakan karakteristik soal itu sendiri atau
pemngambil tes. Tingkat kesukaran juga mengandung banyak kelemahan, diantaranya
yaitu; (1) tingkat kesukaran sebenarnya ukuran kemudahan soal, karena semakin
tinggi kesukaran soal semakin mudah soal untuk dkerjakan dan semakin rendah
makin sulit soal dikerjakan; dan (2) tingkat kesukaran tidak berhubungan linier
dengan skala kesukaran soal.
Pada Tabel 2.6 merupakan tabel pola tingkat kesukaran soal
yang dikemukakan oleh Guttman (1950), yaitu tingkat kesukaran soal diurutkan
dari soal-soal yang paling mudah ke soal-soal yang paling sulit. Peserta yang
mendapatkan skor 1 yang menjawab benar pada soal yang paling mudah, yaitu soal
nomor 1. Peserta tes yang memperoleh skor 2 yang dapat menjawab soal nomor 1
dan 2 dan seterusnya. Guttman juga mengungkapkan bahwa, peserta tes tidak
mungkin memperoleh skor 3 karena menjawab benar pada soal-soal sukar yaitu soal
nomor 8, 9, 10, tetapi menjawab salah pada soal-soal nomor dibawahnya yang
lebih mudah. Dan tidak mungkin juga peserta tes memperoleh skor 1 pada soal
nomor 10 tetapi salah pada soal lainnya yang lebih mudah.
Tabel 2.6 Pola Proses Peserta Tes
Menurut Guttman (Pola Guttman)
No.
|
Peserta
|
Nomor Soal
|
Skor
Total
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
|||
1.
|
Cempaka
|
1
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
1
|
2.
|
Melati
|
1
|
1
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
2
|
3.
|
Dahlia
|
1
|
1
|
1
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
3
|
4.
|
Asoka
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
4
|
5.
|
Anyelir
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
5
|
6.
|
Anggrek
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
0
|
0
|
0
|
6
|
7.
|
Kamboja
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
0
|
0
|
7
|
8.
|
Aster
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
0
|
8
|
9.
|
Kenanga
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
9
|
10.
|
Teratai
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
10
|
Sumber:
Surapranata, S. (2005:20)
Soal dikatakan tidak baik apabila seluruh peserta tes dapat
menjawab seluruh soal dengan benar dan sebaliknya apabila peserta tes tidak
memilih soal atau jawaban yang dengan benar.Kecenderungan yang terjadi adalah
soal tersebut tidak disarankan untuk menggunakan soal-soal tersebut kembali
pada evaluasi berikutnya.
Menurut
Bagiyono (2017:5) bahwa untuk menghitung tingkat kesukaran yaitu menggunakan
indeks kesukaran (p) yang dihitung menggunakan persamaan sedangkan untuk menentukan
kriteria kesukaran dapat dilihat pada table berikut. Tabel 2.7 Kriteria Kesukaran
Besar
Nilai P Kategori Tingkat Kesukaran
|
|
0
|
Sangat Sukar
|
0 <
P ≤ 0,3
|
Sukar
|
0,3 < P ≤
0,7
|
Sedang
|
0,7
< P < 1
|
Mudah
|
1
|
Sangat Mudah
|
Sumber:
Surapranata, S. (2005:21)
Analisis kesukaran dapat digunakan sebagai indikator untuk
menentukan adanya perbedaan kemampuan peserta tes. Tingkat kesukaran 0 ataupun
tingkat kesukaran 1 tidak memberikan kontribusi apapun terhadap tingkat
kemampuan peserta tes. Oleh karena itu, soal itu cenderung untuk tidak
digunakan.
B. Daya Pembeda
Untuk mengetahui siswa tergolong pada tingkat yang tinggi
ataupun pada tingkat yang rendah diperlukan suatu indeks. Indeks yang digunakan
dalam membedakan siswa yang memiliki kemampuantinggi dengan siswa yang yang
berkemampuan rendah adalah daya pembeda. Menurut Sudijono (2011:385), daya
pembeda item adalah kemampuan suatu butir item tes hasil belajar untuk dapat
membedakan antara testee yang
berkemampuan tinggi dengan testee yang berkemampuan
rendah. Menurut Arikunto (2012:226) bagi suatu soal yang dapat dijawab benar
oleh siswa yang berkemampuan tinggi maupun siswa yang berkemampuan rendah, maka
soal itu tidak baik karena tidak mempunyai daya pembeda. Sedangkan menurut
Bagiyono (2017:3) menjelaskan bahwa daya pembeda butir soal adalah kemampuan
suatu butir soal untuk membedakan kelompok dalam aspek yang diukur sesuai
dengan perbedaan yang ada dalam kelompok itu. Salah satu tujuan analisis daya
pembeda butir soal adalah untuk menentukan mampu tidaknya suatu butir soal
membedakan antara peserta pelatihan yang berkemampuan tinggi dengan peserta
pelatihan yang berkemampuan rendah.
Daya pembeda dapat menunjukkan kemampuan suatu item
membedakan kemampuan tester. Semakin besar skor benar suatu kelompok siswa,
maka semakin besar indeks daya pembeda. Klasifikasi daya pembeda ditentukan
berdasarkan angka indeks diskriminasi (D) butir soal. Jika suatu soal memiliki
daya pembeda yang baik dapat diartikan butir soal tersebut dapat membedakan antara
siswa yang memiliki kemampuan tinggi dengan siswa yang memiliki kemampuan
rendah.
Cara menganalisis daya pembeda adalah dengan menggunakan
tabel atau kriteria dari Rose dan Stanley seperti berikut ini:
Rumus:
SR-ST |
Keterangan :
SR
= Jumlah siswa yang menjawab salah kelompok rendah. ST = Jumlah siswa yang
menjawab salah kelompok tinggi. Contoh :
Tes pilihan ganda dengan option 4 diberikan kepada 30 orang siswa. Jumlah soal 15.
|
NO
|
SR
|
ST
|
SR-RT
|
Ket
|
1
|
6
|
1
|
5
|
|
2
|
6
|
1
|
5
|
|
3
|
5
|
2
|
3
|
|
4
|
6
|
1
|
5
|
|
5
|
2
|
1
|
1
|
|
6
|
5
|
1
|
4
|
|
7
|
2
|
1
|
1
|
|
8
|
7
|
1
|
6
|
|
9
|
7
|
1
|
6
|
|
10
|
4
|
2
|
2
|
|
11
|
3
|
1
|
2
|
|
12
|
6
|
1
|
5
|
|
13
|
2
|
1
|
1
|
|
14
|
6
|
1
|
5
|
|
15
|
5
|
2
|
3
|
N= 30 orang
N= 27% dari 30 =
8
Kriteria yang
digunakan dari Tabel Ross dan Stanley adalah sebagai berikut:
Jumlah
testi
(N)
|
n.
(27 % N)
|
Option
|
|||
2
|
3
|
4
|
5
|
||
28-31
|
8
|
4
|
5
|
5
|
5
|
32-35
|
9
|
5
|
5
|
5
|
5
|
36-38
|
10
|
5
|
5
|
5
|
5
|
Kriteria
pengujian daya pembeda adalah sbb:
Bila
SR-ST sama atau lebih besar dari nilai tabel, artinya butir soal itu mempunyai
daya pembeda.
Dari
data di atas, batas pengujian adalah 5, yaitu pertama dalam tabel diatas dengan
jumlah N (29-31), n = 8 pada option 4.
Dengan demikian
dapat disimpulkan sebagai berikut:
No.
Item
|
SR-ST
|
Batas
Nilai Tabel
|
Keterangan
|
1
|
5
|
5
|
Diterima
|
2
|
5
|
5
|
Diterima
|
3
|
3
|
5
|
Ditolak
|
4
|
5
|
5
|
Diterima
|
5
|
1
|
5
|
Ditolak
|
6
|
4
|
5
|
Ditolak
|
7
|
1
|
5
|
Ditolak
|
8
|
6
|
5
|
Diterima
|
9
|
6
|
5
|
Diterima
|
10
|
2
|
5
|
Ditolak
|
11
|
2
|
5
|
Ditolak
|
12
|
5
|
5
|
Diterima
|
13
|
1
|
5
|
Ditolak
|
14
|
5
|
5
|
Diterima
|
15
|
3
|
5
|
Ditolak
|
Dari kesimpulan di atas hanya soal nomor 1, 2, 4, 8, 9, 12,
dan 14 yang memenuhi daya pembeda, sedangkan soal nomor lainnya tidak memiliki
daya pembeda.
Dari
contoh di atas dapat disimpulkan bahwa cara menghitung d, sedangkan soal nomor
lainnya tidak memiliki daya pembeda.
Dari
contoh di atas dapat disimpulkan bahwa cara menghitung daya pembeda adalah
dengan menempuh langkah sebagai berikut:
a)
Memeriksa jawaban soal semua siswa peserta tes.
b)
Membuat daftar peringkat hasil tes berdasarkan skor
yang dicapainya.
c) Menentukan
jumlah sampel sebanyak 27% dari jumlah peserta tes untuk kelompok siswa yang
pandai (peringkat atas) dan 27% untuk kelompok siswa kurang (peringkat bawah).
d) Melakukan
analisis butir soal yakni menghitung jumlah siswa yang menjawab salah dari semua
nomor soal,baik pada kelompok pandai maupun pada kelompok kurang.
e) Menghitung
selisih jumlah siswa yang salah menjawab pada kelompok kurang dengan kelompok
pandai (SR-ST).
f) Membandingkan
nilai selisih yang diperoleh dengan nilai Tabel Ross dan Stanley.
g) Menentukan
ada tidaknya daya pembeda pada setiap nomor soal dengan kriteria “memiliki daya
pembeda” bila nilai selisih jumlah siswa yang menjawab salah antara kelompok
kurang dengan kelompok pandai (SR- ST) sama atau lebih besar dari nilai tabel.
Butir
soal yang tidak memiliki daya pembeda diduga terlalu mudah atau terlalu sukar
sehingga perlu diperbaiki atau diganti dengan pertanyaan lain. Idealnya semua
butir soal memiliki daya pembeda dan timgkat kesukaran. Tes yang telah
dibakukan, di samping memenuhi validitas an reliabilitas juga memenuhi tingkat
kesukaran dan daya pembeda.
Tabel 2.8 Kriteria Daya Pembeda
Butir Soal
Besarnya
Nilai D
|
Kategori Daya Pembeda
|
D <
0
|
Rendah sekali
|
0
< D < 0,2
|
Rendah
|
0,2
< D < 0,4
|
Sedang
|
0,4
< D < 0,7
|
Tinggi
|
0,7
< D < 1
|
Tinggi Sekali
|
Sumber: Amalia,
A.N & Widayati, A. (2012)
C. Penilaian Acuan Norma Dan Penilaian Acuan Patokan
1.
Penilaian Acuan Patokan (PAP)
Arifin (2009) menyatakan bahwa Pendekatan acuan patokan
merupakan pendekatan penilaian yang menentukan berhasil atau tidaknya siswa
berdasarkan pada patokan atau criteria ataupun kompetensi tertentu. Arifin
(2010) menyatakan bahwa pendekatan PAP membandingkan kedudukan siswa dengan
kompetensi dasar dan tidak membandingkan kemampuan siswa dengan teman
sekelasnya melainkan dengan suatu criteria spesifik
Djaali dan Muljono (2008) mendefinisikan penilaian acuan
patokan sebagai pemberian nilai kepada siswa yang didasarkan pada tujuan
instruksional yang telah ditetapkan sebelumnya. Pengertian ini merujuk bahwa
nilai yang diberikan kepada siswa menunjukkan tingkat pencapaian tujuan
instruksional atau tingkat penguasaan terhadap materi yang telah ditentukan.
Harun (2004) menyatakan bahwa PAP pada dasarnya merupakan
penilaian yang membandingkan hasil belajar mahasiswa terhadap suatu patokan
yang telah ditetapkan sebelumnya. Pengertian tersebut menunjukkan bahwa sebelum
usaha penilaian dilakukan terlebih dahulu harus ditetapkan patokan yang akan
dipakai untuk membandingkan angka- angka hasil pengukuran agar hasil pengukuran
tersebut memiliki arti tertentu. Dengan demikian patokan yang dijadikan
pembanding tidak dicari- cari di tempat lain dan pula tidak dicari di dalam sekelompok
hasil pengukuran seperti yang dilakukan pada PAN.
Harun (2004) lebih lanjut menerangkan bahwa patokan yang
telah disepakati terlebih dahulu tersebut biasanya disebut "Tingkat
Penguasaan Minimum". Siswa yang dapat mencapai atau bahkan melampai batas
ini dinilai "lulus" dan belum mencapainya nilai "tidak
lulus" mereka yang lulus ini diperkenankan menempuh kegiatan belajar yang
lebih tinggi, sedangkan yang belum lulus diminta memantapkan lagi kegiatan
belajarnya sehingga mencapai "batas lulus" tersebut. Yang menjadi
hambatan dalam penggunaan PAP adalah sukarnya menetapkan patokan yang
benar-benar tuntas.
Harun (2004) menjelaskan bahwa pendekatan PAP tidak
berorientasi pada "apa adanya". Hal ini menunjukkan bahwa pendekatan
PAP tidak hanya menggunakan angka rata-rata yang dihasilkan oleh kelompok siswa
yang diuji, melainkanmenetapkan kriteria keberhasilan sebelumnya. Kriteria
keberhasilan merupakan "batas lulus" penguasaan bahan pelajaran dalam
proses pengajaran. Tenaga pengajar tidak membiarkan mahasiswa menjalani sendiri
proses belajarnya, melainkan terus-menerus secara langsung ataupun tidak langsung
merangsang dan memeriksa kemajuan belajar mahasiswa serta membantu siswa
melewati tahap-tahap secara berhasil. Proses pengajaran yang menjadi kegiatan
PAP dikenal adanya ujian pembinaan (formative
test) dan ujian akhir (summative
test)usaha ini membantu mencegah siswa dari keadaan "terlanjur tidak
menguasai" dengan baik bahan kompetensi dari tahap yang satu ke tahap
berikutnya seperti dituntut oleh TKP. Hasil ujian pembinaan digunakan sebagal
petunjuk (indikator) apakah siswa tertentu memerlukan bantuan dalam menjalankan
proses belajarnya atau tidak. Ujian akhir dilaksanakan pada akhir proses
pengajaran Ujian akhir meliputi semua bahan yang diajarkan dalam keseluruhan
proses pengajaran dengan tujuan menguji apakah siswa telah menguasai seluruh
bahan yang diajarkan itu dengan baik . Ujian akhir didasarkan sepenuhnya pada
TKP Penyelenggaraan dan penggunaan hasil ujian pembinaan untuk membantu siswa
yang memerlukan membuat PAP tidak hanya menekankan pada segi mutu hasil belajar
siswa tetapi juga pada segi banyaknya siswa yang berhasil. Sebanyak mungkin
mahasiswa dirangsang dan dibantu untuk mencapai pengu asaan kompetensi yang tinggi.
2.
Penilaian Acuan Norma
Arifin (2009) mendefinisikan penilaian acuan norma (PAN)
merupakan pendekatan penilaian yang menentukan berhasil-tidaknya siswa
berdasarkan norma kelompok Arifin (2010) menyatakan bahwa Pendekatan ini
dilakukan dengan membandingkan hasil belajar siswa yang satu dengan hasil
belajar siswa lainnya dalam satu kelas.
Djaali dan Muljono (2008) mendefinisikan penilaian acuan
norma sebagai pemberian nilai dengan menggunakan kelompok sebagai criteria. Nilai
siswa ditentukan oleh posisinya dalam suatu kelompok. Misalnya siswa yang
mendapatkan nilai 65 dapat diberi nilai 9 dalam penilaian acuan kelompok, tetapi
dapat pula terjadi siswa yang mendapat skor 65 tidak berhasil lulus karena
siswa-siswa lain dalam kelompoknya memperoleh nilai yang jauh lebih tinggi
daripada 65.
Harun (2004) menyatakan bahwa PAN pada dasarnya
mempergunakan kurva normal dan hasil-hasil perhitungannya sebagai dasar
penilaiannya. Kurva ini dibentuk dengan mengikutsertakan semua angka pengukuran
hasil belajar yang diperoleh. Patokan yang digunakan dalam membandingkan angka
yang diperoleh masing-masing mahasiswa adalah mean dan standar deviasi, patokan
bersifat relatif dapat bergeser ke atas atau ke bawah sesual dengan besarnya
mean dan standar deviasi yang diperoleh di dalam kurva. Dengan kata lain,
patokan itu dapat berubah- ubah dari "kurva normal" yang satu ke
"kurva normal" yang lain Jika hasil ujian mahasiswa dalam satu
kelompok pada umumnya lebih baik dan menghasilkan angka rata-rata yang lebih
tinggi, maka patokan menjadi bergeser ke atas (dinaikkan). Sebaliknya jika
hasil ujian kelompok itu pada umumnya merosot, patokannya bergeser kebawah
(diturunkan). Dengan demikian, angka yang sama pada dua kurva yang berbeda akan
mempunyai arti berbeda. Demikian juga, nilai yang sama dihasilkan melalui
bangunan dua kurva yang berbeda akan mempunyai arti berbeda. Demikian juga,
nilai yang sama dihasilkan melalui bangunan dua kurva yang berbeda akan
mempunyai arti umum yang berbeda pula.
PAN merupakan penentuan nilai siswa dalam suatu proses
pembelajaran yang didasarkan pada tingkat penguasaan di kelompok tersebut.
Pemberian nilai mengacu pada perolehan skor di kelompok itu. Contoh : Satu
kelompok anak didik terdiri dari 9 orang mendapatkan skor (nilai mentah) : 50,
45, 45, 40, 40, 40 35, 35, 30. Dari skor tersebut bahwa perolehan nilai
tertinggi 50 dan terendah 30 Dengan demikian nilai tertinggi diberikan kepada
skor tertinggi misalnya 10, secara proposional skor diatas dapat diberi nilai 10,9.9.8.
Cara lain adalah dengan menghitung presentase jawaban benar.
19
19
|
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Kegiatan pembelajaran merupakan serangkaian proses yang
memiliki tiga komponen, yang pertama rencana pembelajaran, kedua kegiatan belajar
mengajar, dan terakhir evaluasi pembelajaran. Proses berupa pengukuran hasil
pembelajaran wajib dilakukan untuk mengetahui dan menentukan keberhasilan
pembelajaran. Analisis
butir soal idealnya dilakukan dengan menghitung validitas, reliabilitas,
tingkat kesukaran, daya pembeda, dan efektifitas pengecoh. Tes dikatakan valid
apabila tes tersebut dapat dengan tepat mengukur apa yang hendak diukur. Tes
yang reliabel apabila tes tersebut memberikan hasil yang ajeg apabila diberikan
berkali-kali pada subjek yang sama dan menunjukkan ketetapan.
Tes dikatakan mempunyai daya pembeda yang baik adalah soal
yang mampu membedakan antara peserta didik yang berkemampuan tinggi dengan
peserta didik yang berkemampuan rendah. Efektifitas pengecoh/distraktor soal
yang baik, pengecohnya akan dipilih secara merata oleh peserta didik yang
menjawab salah. Berdasarkan permasalahan yang diuraikan, penting untuk
dilakukan analisis butir soal untuk mengetahui kualitas perangkat tes, sehingga
dapat digunakan sebagai acuan perbaikan soal di masa mendatang.
DAFTAR
RUJUKAN
Amalia, A.N & Widayati, A. 2012. Analisis Butir Soal Tes Kendali
Mutu Kelas XII SMA Mata Pelajaran Ekonomi Akuntansi di Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol.10
No.1, 2012. (Online). (https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun/article/download/919/730).
Diakses 1 September 2019.
Arifin,
Z. 2009. Penerapan Penilaian Berbasis Kelas pada Bidang Studi Pai di Sekolah
Dasar, (Online), (http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR
KURIKULUM DAN_TEK_PENDIDIKAN/19610 5011986011- ZAINAL
ARIFIN/Silabus
Evaluasi Pembelajaran/Artikel Penilaian Edutech.pdf). Diakses tanggal 1
September 2019.
Arifin,
Z. 2010. Evaluasi Pembelajaran, (Online),(http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR.
KURIKULUM DAN TEK PENDIDIKAN/19610
5011986011- ZAINAL ARIFIN/Silabus Evaluasi Pembelajaran/SLIDE
EVALUASI PEMBELAJAR AN/SLIDE
Arikunto, S. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta:
PT. Bumi Aksara.
Bagiyono. 2017. Analisis Tingkat Kesukaran dan Daya Pembeda Butir Soal
Ujian Pelatihan Radiografi Tingkat 1. Widyanuklida,
16(1),(Online) (http://repo-
nkm.batan.go.id/140/1/05_analisis_tingkat_kesukaran.pdf). Diakses
Tanggal 1
September 2019.
Djaali &Muljono, P. 2008. Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: PT Gramedia
Widiasarana Indonesia.
Harun,
F. R. 2004. Penilaian dalam Pendidikan, (Online),
repository usu.ac.id/bitstream/123456789/3615/1/farmasi- fathur.pdf). Diakses
tanggal 1 September 2019.
Sudijono, A. 2011. Pengantar
Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Sudjana, N. 2014. Penilaian
Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Surapranata, S. 2005. Analisis,
Validitas, Realibitas, dan Interpretasi Hasil Tes: Implementasi Kurikulum 2004.
Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
19
Tidak ada komentar:
Posting Komentar